Image

INDAHNYA KEBERAGAMAN DALAM GUGUS DEPAN KAMI

Tak terasa 15 tahun sudah SMENDA SCOUT LION CAMPUSS mejadi salah satu pangkalan Gerakan Pramuka terbaik di Sidoarjo. Banyak prestasi yang telah diraih oleh gugus depan 02-081 dan 02-082 ini salah satunya adalah Juara I Putra dan Juara 2 Putri pada lomba Lintas Budaya Sidoarjo 2014 yang dilaksanakan pada 20-21 September lalu.

Menapaki usia ke-15 tentu telah banyak peristiwa-peristiwa mengharukan, membahagiakan, menyedihkan, membanggakan juga memilukan. Disaat itulah para anggota SMENDA SCOUT LION CAMPUSS semakin terpupuk dengan rasa persaudaraan yang terjalin, susah senang, suka duka, juga tertawa terbahak-bahak bahkan jatuh terpingkal-pingkal telah kita lalui bersama.

Tidak semua para anggota SMENDA SCOUT LION CAMPUSS berasal dan lahir di Sidoarjo. Ada yang dari Jakarta, Sampit, Madura, Karang Anyar, Malang, Surabaya bahkan Timor Leste. Tapi itu semua tidak akan jadi penghalang bagi kami. Karena “You And Me Are Family”. Hal itulah yang menjadi ragam perbedaan yang ingin kami satukan.

547263_378933802169881_2077430953_n

Keberagaman itu kami tuangkan dalam upacara pembukaan PENTA atau Penerimaan Tamu Ambalan Ke-XV yang dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2014 yang mengambil tema “Scout Shape Next Generation of Leaders”. Didalam upacara pembukaan tersebut kami menampilkan Tarian Saman dari Aceh yang merupakan daerah asal Pahlawan kami yang juga kami abadikan sebagai nama Ambalan kami yakni Teuku Umar – Cut Nyak Dien. Tari Zapin yang berasal dari Arab, yang merupakan tarian luar negeri yang jarang bahkan tak pernah kita lihat dan juga karena Negara kita adalah Negara Islam yang berkiblat pada Negeri Arab.

DSC_0032

Juga Tari Komando Senjata, agar unsur Pramuka tak hilang dari acara ini kami menampilkan tarian tersebut dengan bantuan dari Kak Fakhris, Kak Beni dan kawan-kawan yang juga merupakan anggota SAS atau Sidoarjo Air Softgun untuk menyediakan senjata sebagai properti tambahan. Namun tenang saja senjata ini tidak diperuntukkan untuk melukai orang, namun hanya sebagai properti tarian saj.

DSC_0173

Tak ketinggalan ada pula peserta PENTA XV yang menyumbangkan Tarian Tradisional. Ia adalah Tammy Nadya siswi kelas X – KU 4. Hal itu menjadi pelengkap keberagaman yang ada pada gugus depan kami pangkalan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.

1425539_304966653030824_5284186591014378536_n

Keberagaman itulah yang mengantarkan kami pada puncak kejayaan kami. Kami tak peduli dia anak siapa, berasal dari mana, seperti apa dia, yang kami pedulikan adalah “You and Me are Family”. Tidak akan ada suatu kebahagian tanpa keberagaman, tiada senang tanpa susah, Because without Brotherhood, Unity, Friendship, and Care we are Nothing. But with Brotherhood, Unity, Friendship, and Care we are Something

Advertisements

Merajut Kembali Benang Merah

FinePix S4500672Setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan. Entah seperti apa wujudnya, yang pasti perpisahan itu pasti ada. Tapi, perpisahan itu tak akan pernah bisa lama. Rasa rindu yang menggebu ingin bertemu untuk menjalin kembali tali silaturrahim yang sempat terpisah oleh jarak. Mengenang kembali cerita yang pernah terjadi diwaktu silam.

FinePix S4500601Guidess. Begitulah kami menamai ikatan alumni pramuka SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo, Smenda Scout. Kebetulan waktu berkumpul adalah di bulan Ramadhan, dan akhirnya kami memutuskan untuk mengadakan buka bersama para alumni. Awalnya sih ingin bareng sama adek-adek yang masih aktif di gugus depan, entah kami yang kurang update informasi atau memang tidak ada buka bersama yang mereka adakan ya? Akhirnya kami memutuskan untuk membuat rencana buka bersama. Dan pada akhirnya hanya dihadiri oleh para alumni. Dari yang baru lulus sampai yang sepuh. Hihihihi. Untuk yang baru lulus, ini adalah momen dimana mereka bisa berkenalan dengan orang-orang yang pernah aktif di Smenda Scout beberapa tahun silam. Walaupun pesertanya tak terlalu banyak, hanya sekitar 25 orang, namun cukup meriah dengan menumpah ruahkan kerinduan akan kebersamaan menjadi sebuah keluarga kedua.

Bertempat di kediaman pembina satuan, Kak Uays Hasim, buka bersama dilaksanakan pada hari minggu 28 Juli pukul 4 sore. Walaupun akhirnya tak sesuai dengan jadwal karena sedikit molor. Maklum sih, kita menganut jam di Indonesia, lebih tepatnya jam karet. 😀 Bukan dengan kesengajaan kita menganut jam karet. Hanya saja pada tim panitia mengalami sedikit kendala pada saat distribusi makanan. Tapi pada akhirnya sih makanan bisa sampai tepat pada waktunya berb29uka. Alhamdulillah.

Bercengkrama satu sama lain sambil menikmati hidangan yang telah disuguhkan. Dan tentu saja hidangan tak hanya disediakan oleh panitia. Kebanyakan ada yang membawa snack untuk dimakan bersama. Inilah yang dari dulu ditanamkan pada kami. Saling peduli, saling berbagi.

SupermanAda yang membuat saya salute terhadap beberapa orang yang rela menempuh jarak hanya untuk datang menyempatkan waktunya bersama keluarga ini. Kak Riyan dan Kak Rizal. Dua orang luar biasa yang waktunya sangat berharga. Awalnya mereka tak bisa hadir karena ada kegiatan buka bersama dengan para alumni SMKN 2 Buduran beserta anak yatim dan juga bersamaan dengan buka bersama di kampusnya. Namun dengan semangat yang luar biasa akhirnya mereka berdua dapat me manage waktu agar bisa menyempatkan untuk berkumpul bersama.

Masih ingat siapa saja yang sering dapat olahraga malam pada saat kemah? Hayo siapa?? Ngaku deh. Hehehe. Atau mungkin kenangan lain yang membangkitkan memori kenangan nostalgia bersama dengan keluarga ini? Tak hanya bercerita tentang kenangan, namun ada sesi yang digunakan untuk membahas masa depan keluarga ini agar tak putus ditengah jalan. Yah, itu semua kami lakukan hanya untuk membuat keluarga kami lebih baik lagi.

Brotherhood, Friendship, Unity, and Care. Ada yang masih ingat? Atau mungkin dengan lagu-lagu ciptaan sang motivator super Kak Uays Hasim?? Bisa disebutin gak apa aja lagunya?? Coba diinget-inget lagi deh. Rencananya sih mau bikin album dari lagu-lagu itu. Semoga nanti bisa kita nyanyikan bersama-sama dan bisa kita perdengarkan pada anak-anak kita kelak. Amin.

Sekian nih coretan dari saya, semoga berkenan. Oh iya, sudah mau lebaran ya? Mohon maaf lahir dan batin ya?? Semoga kita bisa halal bihalal bersama lagi. Amin. /Admin