Image

INDAHNYA KEBERAGAMAN DALAM GUGUS DEPAN KAMI

Tak terasa 15 tahun sudah SMENDA SCOUT LION CAMPUSS mejadi salah satu pangkalan Gerakan Pramuka terbaik di Sidoarjo. Banyak prestasi yang telah diraih oleh gugus depan 02-081 dan 02-082 ini salah satunya adalah Juara I Putra dan Juara 2 Putri pada lomba Lintas Budaya Sidoarjo 2014 yang dilaksanakan pada 20-21 September lalu.

Menapaki usia ke-15 tentu telah banyak peristiwa-peristiwa mengharukan, membahagiakan, menyedihkan, membanggakan juga memilukan. Disaat itulah para anggota SMENDA SCOUT LION CAMPUSS semakin terpupuk dengan rasa persaudaraan yang terjalin, susah senang, suka duka, juga tertawa terbahak-bahak bahkan jatuh terpingkal-pingkal telah kita lalui bersama.

Tidak semua para anggota SMENDA SCOUT LION CAMPUSS berasal dan lahir di Sidoarjo. Ada yang dari Jakarta, Sampit, Madura, Karang Anyar, Malang, Surabaya bahkan Timor Leste. Tapi itu semua tidak akan jadi penghalang bagi kami. Karena “You And Me Are Family”. Hal itulah yang menjadi ragam perbedaan yang ingin kami satukan.

547263_378933802169881_2077430953_n

Keberagaman itu kami tuangkan dalam upacara pembukaan PENTA atau Penerimaan Tamu Ambalan Ke-XV yang dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2014 yang mengambil tema “Scout Shape Next Generation of Leaders”. Didalam upacara pembukaan tersebut kami menampilkan Tarian Saman dari Aceh yang merupakan daerah asal Pahlawan kami yang juga kami abadikan sebagai nama Ambalan kami yakni Teuku Umar – Cut Nyak Dien. Tari Zapin yang berasal dari Arab, yang merupakan tarian luar negeri yang jarang bahkan tak pernah kita lihat dan juga karena Negara kita adalah Negara Islam yang berkiblat pada Negeri Arab.

DSC_0032

Juga Tari Komando Senjata, agar unsur Pramuka tak hilang dari acara ini kami menampilkan tarian tersebut dengan bantuan dari Kak Fakhris, Kak Beni dan kawan-kawan yang juga merupakan anggota SAS atau Sidoarjo Air Softgun untuk menyediakan senjata sebagai properti tambahan. Namun tenang saja senjata ini tidak diperuntukkan untuk melukai orang, namun hanya sebagai properti tarian saj.

DSC_0173

Tak ketinggalan ada pula peserta PENTA XV yang menyumbangkan Tarian Tradisional. Ia adalah Tammy Nadya siswi kelas X – KU 4. Hal itu menjadi pelengkap keberagaman yang ada pada gugus depan kami pangkalan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.

1425539_304966653030824_5284186591014378536_n

Keberagaman itulah yang mengantarkan kami pada puncak kejayaan kami. Kami tak peduli dia anak siapa, berasal dari mana, seperti apa dia, yang kami pedulikan adalah “You and Me are Family”. Tidak akan ada suatu kebahagian tanpa keberagaman, tiada senang tanpa susah, Because without Brotherhood, Unity, Friendship, and Care we are Nothing. But with Brotherhood, Unity, Friendship, and Care we are Something

Advertisements
Image

MENDIDIK SINGA DUNIA

SMENDA SCOUT, BISA!!!

SMENDA SCOUT, BISA!!!

Salam Pramuka dan Salam SSLC

Rasanya sudah sedemikian lama tidak lagi update tulisan di blog Gugus Depan kebanggaan kita ini. Kesibukan dan hadirnya berbagai permasalahan menjadikan fokus kita menjadi tidak lagi seperti sebelum-sebelumnya. Mengawali tulisan kali ini sekaligu mengawali persiapan penerimaan calon tamu Penegak baru di lingkungan Keluarga Besar SSLC, berikut ini kami hadirkan rencana Kurikulum terbaru yang Insya Alloh akan diterapkan di Keluarga Besar SSLC. Namun, juga tidak terbatas bagi yang mau bergandeng tangan untuk menerapkannya.

POLA PEMBINAAN SSLC TAHUN 2014

“MEMBINA DENGAN HATI”

  1. A.   POLA AMONG SANGGA
    1. 1 Sangga dengan 1 orang Konsultan (tim Pembina Satuan) dan Kakak angkat (Alumni – Senior 1 tingkat diatasnya).
    2. Penentuan kelayakan peserta didik yang akan dilantik kenaikan tingkat disepakati oleh Pinsa dan anggotanya yang sudah dilantik tingkat berjenjang lebih tinggi diatas peserta didik yang dinilai
  1. B.   POLA BINA MINGGUAN

Sistem kegiatan mingguan ditunjang dengan proyek sangga mingguan dan bulanan serta tribulan. Dan pengupayaan variasi kegiatan, dimana ide kegiatan dari peserta didik sendiri dengan penanggung jawab pelaksanaan kegiatan bisa bersifat individu pencetus ide, sangga maupun dewan Ambalan.

  1. C.   POLA 4 KAIL BERBAGI
    1. Kail pergantian Pengurus Sangga setiap 3 bulan sekali.
    2. Kail Tradisi Pengambilan Baret Tegak – PBT
    3. Kail Seragam PDH Standart Nasional
    4. Kail Seragam PDL Doreng Pramuka Kopassus
  1. D.   POLA ETIKA DISIPLIN
    1. Diberlakukannya IASS untuk setiap anggota.
    2. Dibentuk Dewan Adat Agung Penegak atau Dewan Kehormatan
    3. Peraturan yang tertuang dalam Adat Istiadat di susun oleh anggota sangga, untuk diterapkan bersama-sama dan dengan konsekuensi hukuman dari sangga itu sendiri.
  1. E.   POLA MANDIRI BERDAYA
    1. Proses penggalian dana kegiatan oleh masing-masing peserta didik dari upaya kemandiriannya dengan tidak terlalu membebani orang tua maupun peserta didik.

Semoga bermanfaat apa yang saya sampaikan dan semoga menjadikan perubahan ke arah yang lebih baik lagi untuk keluarga kita. /Uays

Penulis:

Uays Hasyim SPDF