DIANPINSA & PDA 2011

DIANPINSA atau Gladian Pimpinan Satuan dan PDA atau Pemantapan Dewan Ambalan 2011 akan digelar pada tanggal 19 s.d 20 Maret 2011 bertempat di Sekolah – SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.

Berbagai materi menarik akan diberikan sebagai bekal bagi anggota SMENDA Scout yang duduk di kelas X ataupun anggota yang belum pernah mengikuti kegiatan serupa. Kegiatan kali ini dilaksanakan dalam 2 hari, meskipun biasanya 3 hari penuh dengan sistem bermalam. Namun, karena mengingat Sekolah digunakan untuk ujian, maka khusus untuk pelaksanaan DIANPINSA dan PDA kali ini hanya dilaksanakan selama 2 hari minus bermalam.

Persiapan yang dilakukan oleh Panitia terlihat cukup matang dan koordinasi yang bagus. Namun, salah satu yang membedakan DIANPINSA dan PDA tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah tingkat kemandirian Pengurus Dewan Ambalan didalam merancang, mengelola dan mengupayakan loby-loby kerja sama dengan berbagai pihak. Sangat terlihat sekali begitu mandiri dan mulai meningkatnya rasa percaya diri pengurus Dewan Ambalan, Salut dan membanggakan memang.

Prinsip pembinaan dalam kepenegakan sepertinya sudah mulai berjalan dengan yang seperti seharusnya. Dari, Oleh dan Untuk Penegak mulai diterapkan secara total. Begitu juga dengan calon peserta terlihat sangat Antusias mengikuti  kegiatan ini. Meskipun rasa lelah selepas mengikuti kegiatan LOSIPRAM XIV masih terus bergelayut, akan tetapi Life must go on. Merangkai kembali kegiatan-kegiatan yang bermutu dan berkualitas adalah keharusan.

DIANPINSA adalah sebuat proses pelatihan yang difokuskan kepada upaya peningkatan Leadership dan Manajerial setiap anggota Pramuka Penegak. Mereka dibekali dengan ilmu Kepemimpinan dan tata cara mengatur/Manajemen pengelolaan sebuah organisasi. Diharapkan setiap peserta yang telah mengikuti kegiatan ini akan meningkat kemampuan memimpinnya, kemampuan Mengelola organisasi dan pemahaman secara menyeluruh tentang Gerakan Pramuka.

PDA sendiri adalah sebuah training tentang pemahaman manajamen yang obyektif, pengelolaan organisasi terutama Dewan Ambalan. Bagaimana mengelola Dewan Ambalan secara Efektif, Efisien, berdaya ungkit tinggi dan mempunyai nilai manfaat. Tentunya diharapkan mereka yang telah mengikuti kegiatan ini akan jauh lebih mahir dalam mengelola organisasi dan mampu membawa kemajuan dan peningkatan perkembangan organisasi tersebut. (Uays Hasyim, 19 Maret 2011)

Kirim Artikel : smendascoutnews@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s